Satuan Pendidikan :
SMP N1 Abung Barat
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : Vlll/ 1
Standar
Kompetensi : 1. Menerapkan hukum bacaan qolqalah dan ra
Kompetensi Dasar ; 1.1 menjelaskan hukum
bacaan qolqalah dan ra.
Indikator :
1.1.1 menjelaskan pengertian hukum
bacaan
qalqalah
1.1.2 menjelaskan macam-macam hukum bacaan
qalqalah dan menyebutkan contoh-contohnya
1.1.3 menjelaskan pengertian hukum bacaan ra
1.1.4 menjelaskan macam-macam hukum bacaan ra dan menyebutkan contoh-contohnya
Alokasi waktu : 1 X 40 menit
Tujuan
Pembelajaran :
- siswa dapat menjelaskan pengertian
hukum bacaan Qolqolah
- Siswa dapat menjelaskan macam-macam
hukum bacaan qolqolah dan menyebutkan contoh-contohnya
- siswa dapat menjelaskan pengertian
hokum bacaan Ra
- siswa dapat menjelaskan
macam-macam hukum bacaan ra dan
menyebutkan contoh-contohnya
- siswa mengkaji ilmu-ilmu Alqur’an.
Materi
Pembelajaran ;
Hukum Qolqolah
- Pengertian
bacaan Qolqolah dan bacaan Ra
Qolqolah adalah bunyi huruf yang memantul apabila
ia mati atau bila dimatikan, adapun huruf Qolqolah terdiri dari
a. Qolqolah sugro ( kecil ) b. Qolqolah Qubro (
Besar (
- Hukum bacaan Qolqolah terdiri dari :
a. Qolqolah sugro ( kecil ) jika bunyi
Qolqolah yang bersukun asli
cara membacanya suara huruf tersebut
dipantulkan
b. Qolqolah Qugro ( besar ) jika bunyi huruf
Qolqolah yang matinya karena
diwakafkan atau dihentikan seperti
cara membacanya huruf itu tidak langsung
dipantulkan tetapi ada jeda
(berhenti sebentar)
- Pengertian
hukum bacaan Ra
Hukum bacaan Ra disebut Tafkhim atau
dibaca Tebal
a. Tafkhim (tebal) yaitu ketika lam dan ra
berharakat fathah dan dhamah, misalnya :
b.
Tarkiq
(tipis) yaitu ketika lam dan ra berharakat kasrah atau jatuh setelah harakat
kaasrah misalnya :
Metode Pembelajaran ;
- Drill.
Siswa
diberikan latihan berupa mencari kalimat dalam ayat Al Quran yang mengandung
hukum Qalqolah dan hukum Ra, agar dapat memahami dan memantapkan materi yang
diajarkan.
- Telaah.
Siswa menelaah
buku yang membahas tentang ketentuan dalam hokum membaca Qalqolah dan ra yang
terkandung dalam Al Quran
Langkah-langkah kegiatan
pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
·
Memberi salam dan membaca basmallah dan berdoa
·
Membaca ayat Alquran selama lima menit
·
Menjelaskan materi yang akan diajarkan serta kompetensi
dasar yang akan
·
dicapai.
2. Kegiatan Inti
·
Siswa membaca dan menelaah literatur tentang ketentuan
hukum bacaan Qalqolah dan ra hingga dapat menjelaskannya
·
Siswa mencari kalimat dalam ayat Al Qur an yang
mengandung hukum bacaan Qalqolah dan ra
·
Siswa menunjukkan dan membaca kalimat yang mengandung
hukum bacaan Qalqolah dan ra
·
Siswa membiasakan
membaca Alqur’an dan mengamalkan dalam kehidupan nya
3. Kegiatan
Penutup
·
Menyimpulkan beberapa ketentuan tentang hukum bacaan Qalqolah
dan ra
·
Mengadakan evaluasi berupa tanya jawab sekitar materi
yang telah dibahas
·
Memberi tugas untuk menuliskan menuliskan beberapa contoh
kalimat yang mengandung hukum bacaan Qalqolah dan ra
Alat/Sumber belajar ;
- Buku Paket PAI kelas VIII
- Al Qur an
Penilaian
- Jelaskan pengertian hukum bacaan Qalqolah
- Jelaskan macam-macam hukum bacaan Qalqolah dan dan
sebutkan contohnya masing-masing
- Jelaskan pengertian hukum bacaan ra
- Jelaskan macam-macam hukum bacaan ra dan dan
sebutkan contohnya masing-masing
Jawaban:
- Qoloqolah menurut bahasa berarti memantul. Adapun
menurut istilah ilmu tajwid, qolqolah adalah memantulkan bunyi huruf yang
bertanda baca sukun atau karena terdapat tanda waqof.
- Macam-macam hukum qolqolah ada 2 :
a. Qolqolah
Sughra b. Qolqolah Kubro
contohnya:
- Hukum bacaan Ra dibedakan menjadi dua macam yaitu
Ra tarqiq dan Ra Tafkhim. Ra Tarqiq adalah Ra yang dibaca tipis sedangkan
Ra Tafkhim adalah Ra yang dibaca tebal.
- Bacaan Ra dibedakan menjadi dua macam yaitu Ra
tarqiq dan Ra Tafkhim. Ra Tarqiq adalah Ra yang dibaca tipis sedangkan Ra
Tafkhim adalah Ra yang dibaca tebal. Contohnya :
Mengetahui :
Kepala Sekolah,
...............................
NIP.
|
Metro, ......................................
Guru Pendidikan Agama Islam,
...............................
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar